Please Wait...

RajaBackLink.com

Suhu Aman GPU Di Saat Bermain Game Dan Menambang CryptoCurrency


Syukraka.com - Tidak di pungkiri lagi para pengguna PC dan laptop yang suka memainkan game tingkat atas dan mereka melakukan overclock dengan alasan apapun, mempertahankan kisaran suhu GPU yang aman merupakan harga yang harus di bayarkan. Jika tidak, GPU yang overheat bisa merusak graphic card secara permanen.

Jadi kamu harus terus memperhatikan putaran kipas yang mengisyaratkan kipas GPU bekerja pada putaran yang tinggi dengan konstan pada saat bermain game.

Suhu Aman GPU Pada Saat Bermain Game

Dalam penjelasan ini kamu akan tahu apa suhu GPU ideal untuk laptop gaming dan PC gaming, dan juga bagaimana cara memeriksa suhunya. Ada juga daftar aplikasi untuk melihat suhu GPU yang bisa membantu kamu.

Jika kamu bertanya berapa suhu GPU yang aman pada saat bermain game, sulit untuk memberikan jawaban pasti karena suhu GPU tergantung ke tipe GPU apa yang kamu miliki di PC ataupun di laptop untuk tujuan bermain game.

Graphic card Nvidia dan AMD mempunyai rentang nilai suhu yang berbeda-beda. Jadi, sebelum kamu memeriksa suhu GPU, pastikan kamu telah mencari tahu suhu GPU yang aman di website resmi mereka.

Pada kondisi terbaiknya, kamu harus menjaga suhu GPU tetap di bawah 85 derajat celcius. Tapi, suhu rata-rata GPU pada saat bermain game harus berada di sekitar 65 derajat celcius sampai dengan 75 derajat celcius.

Namun ada juga beberapa ahli mengatakan bahwa suhu GPU di 90 derajat celcius merupakan suhu yang normal. Tapi alangkah lebih baiknya jika kamu dapat mempertahankan di bawah 90 derajat celcius. Supaya GPU kamu awet dan tentunya pasti akan bertahan lama.

Meskipun pembuat graphic card mengatakan juga bahwa suhu maksimal GPU yaitu pada 105 derajat celcius tidak membahayakan. Tapi itu bukan suhu yang baik untuk GPU, apalagi jika di pakai terlalu lama. Karena, dalam hal ini solder yang ada di graphic card akan meleleh yang dengan cepat mengurangi masa pemakaian GPU.

Apakah Tingkat FPS Bergantung Pada Suhu GPU ?

Temperatur graphic card juga bermacam-macam tergantung pada tingkat resolusi yang di pakai pada saat bermain game.

Jika kamu memainkan game resolusi yang sedang, maka suhu CPU tidak boleh melebihi suhu 60 sampai 65 derajar celcius. Pada game resolusi yang tinggi, tidak boleh melebihi suhu 65 sampai 70 derajar celcius.

Ini merupakan suhu normal jika kamu main game selama lebih kurang 4 sampai 5 jam. Tapi pada suhu ini akan berkurang lebih banyak jika kamu tinggal di tempat yang dingin.

Perlu di catat juga suhu tersebut sangat sulit untuk di capai pada mesin laptop apalagi laptop gaming dimana mesin hanya mempunyai sedikit ruang untuk sirkulasi udara dan hanya memakai kipas berukuran yang kecil bahkan beberapa ada yang tanpa kipas khusus untuk GPU. Untuk mesin pada laptop kisaran suhu amannya yaitu +5 derajat celcius dari suhu PC.

Apakah Suhu Yang Aman Untuk GPU Pada Saat Menambang CryptoCurrency ?

Zaman sekarang ini GPU juga di pakai untuk penambangan cryptocurrency walaupun GPU merupakan produk konsumen yang hanya di buat untuk nonton film dan bermain game. Karena itu, GPU bukan untuk di jadikan nambang cryptocurrency dll.

Pemakaian graphic card dalam menambang cryptocurrency pasti juga akan meningkatkan masalah suhu GPU yang overheat dalam keadaan serius. Dengan menambang cryptocurrency dalam teknologi yang mutakhir, bekerja 24 jam tanpa henti dalam pemakaian GPU tidak akan merusaknya. Tapi itu menjadi bahaya jika kamu terus menerus menambang cryptocurrency pada suhu yang ekstream.

Nah, untuk menjelaskan supaya suhu GPU aman pada saat menambang, admin sudah memberikan kisaran umum. Kamu tidak bisa menjumpai kisaran suhu GPU yang normal pada saat menambang cryptocurrency hanya dengan mencari di internet.

  • 0°C sampai 29°C : Sepertinya laptop belum menyala.
  • 30°C sampai 49°C : Tidak ada tugas berat yang di lakukan, kecuali memainkan game ringan.
  • 50°C sampai 59°C : Ini suhu GPU siaga. Apakah GPU kamu tidak di underclock ?
  • 60°C sampai 69°C : Suhu dimana kamu dapat hashrate yang di terima dengan baik.
  • 70°C sampai 75°C : Suhu optimal dimana kamu bermain game dengan resolusi yang tinggi atau menambang yang sedang berlangsung.
  • 76°C sampai 79°C : Pada suhu ini masih bisa di terima. Tapi jika di pakai 24 jam tanpa henti, suhu ini mungkin membahayakan, jadi turunkan sedikit.
  • 80°C sampai 89°C : Suhu GPU yang ekstream. Di saat seperti ini, GPU mungkin sekilas baik-baik saja. Tapi ini merusak hardware kamu.
  • 90°C sampai 99°C : Kamu merusak GPU kamu. Sebelum terbakar ke arah yang lain, silahkan matikan proses penambangan dan periksa apa yang terjadi di GPU kamu.
  • 100°C sampai 109°C : Suhu ini berbahaya, seiring berjalannya waktu, ini akan merusak GPU kamu. Mungkin bisa terpakai untuk 6 bulan kedepan.
  • 110°C sampai seterusnya : Tidak ada yang bisa di harapkan dari GPU kamu lagi. Jika ini untuk menambang, ini adalah akhir dari penambanganmu.

Cara Memeriksa Suhu GPU

Setelah mengetahui kisaran suhu yang aman untuk main game dan menambang cryptocurrency, sekarang saatnya admin akan membantu beberapa cara seperti kamu memantau suhu GPU dengan lebih efektif.

Tidak seperti CPU, kamu tidak bisa memeriksa suhu GPU dengan mengakses di pengaturan BIOS. Dan tidak ada juga monitor suhu GPU pada windows 10.

Kamu bisa mendownload monitor suhu GPU dari situs terpercaya untuk memeriksa suhu GPU. Sebagian besar monitor temperatur suhu GPU adalah dengan memakai aplikasi yang gratis dan mudah untuk di install.

Aplikasi memantau suhu GPU tersebut biasanya berukuran kecil. Dan seharusnya tidak menyebabkan kesalahan dalam operating system.

Tapi jika kamu memiliki GPU dari AMD ataupun Nvidia maka mereka juga sudah mengembangkan aplikasi cek suhu GPU mereka. Pada GPU dari Nvidia, mereka sudah mengembangkan Nvidia Control Panel. Ada juga monitor suhu AMD yang di kenal sebagai AMD Control Center yang tersedia di website resmi mereka.

Pada saat kamu membeli GPU yang baru, aplikasi monitor suhu telah terinstall sebelumnya. Tapi jika aplikasi cek suhu bawaan terhapus atau hilang, kamu bisa mengunduhnya pada website resmi AMD dan Nvidia.

Monitor suhu AMD dan Nvidia juga membantu kamu menjaga suhu GPU yang bisa di toleransi dan mencegah timbulnya overheat.

Di sisi lain, ada juga monitor suhu GPU pihak ketiga untuk windows untuk cek suhu GPU, seperti MSI Afterburner, Asus GPU Tweak, CPU-Z, dll, semuanya mempunyai tujuan yang sama.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar untuk "Suhu Aman GPU Di Saat Bermain Game Dan Menambang CryptoCurrency"