Please Wait...

RajaBackLink.com

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tidak Menimbulkan Stroke


Jantung

Syukraka.com - Meskipun masih muda, bukan berarti kalian tidak butuh untuk melindungi kesehatan jantungmu. Malah dengan mempraktikkan pola hidup sehat ataupun kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk jantung secepat mungkin, kalian dapat mempunyai jantung yang senantiasa sehat hingga tua nanti. Ayo cari tahu cara-cara simpel yang dapat kalian jalani buat melindungi kesehatan jantung di umur muda di sini.

Walaupun stroke, serangan jantung, ataupun keadaan jantung yang lain lebih kerap ditemui pada orang- orang berumur di atas 60 tahun, kanak-kanak muda yang berumur 20 tahunan pula butuh mewaspadai penyakit jantung. Nyatanya, penyakit jantung menyebar dari 1 dari 10 orang Amerika yang berumur di antara 20–39 tahun.

Penyakit jantung di umur muda dapat terjalin akibat gaya hidup yang tidak sehat, kayak kurang olahraga, pola makan yang kurang baik, serta kebiasaan tidak sehat yang lain yang dicoba selama bertahun-tahun. Oleh sebab itu, mengganti pola hidup jadi lebih sehat bisa jadi investasi terbaik buat kesehatan jantung kalian dalam jangka panjang.

Nah, ini cara menjaga kesehatan jantung agar tidak menimbulkan stroke:

  • Menjaga Kebersihan Gigi

Kalian pasti jadi bingung apa hubungan kebersihan gigi dengan kesehatan jantung. Tampaknya, melindungi kesehatan gigi pula bisa berakibat pada kesehatan badan kalian secara totalitas, termasuk jantung. Perihal ini karna orang yang hadapi penyakit periodontitis (penyakit gusi) berisiko hadapi penyakit jantung.

Banyak riset menunjukkan kalau kuman dalam mulut yang ikut serta dalam pertumbuhan penyakit gusi bisa masuk ke dalam aliran darah serta menimbulkan kenaikan protein C-reaktif, yang jadi indikator buat peradangan pada pembuluh darah. Perubahan- perubahan ini pada kesimpulannya dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Jadi, bersihkanlah gigi dengan sikat gigi setiap hari dan memakai benang floss untuk menghindari penyakit gusi.

  • Mengkonsumsi Lemat Yang Sehat, Bukan Lemak Yang Trans

Walaupun lemak kerapkali disalahkan selaku pemicu peningkatan berat tubuh serta bermacam permasalahan kesehatan, tampaknya badan kita senantiasa memerlukan konsumsi lemak. Kita membutuhkan konsumsi lemak, seperti lemak jenuh, lemak tidak jenuh, serta lemak tidak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Tapi, ada satu jenis lemak yang tidak kita perlukan yaitu lemak trans, yang kita kenal bisa meningkatkan resiko penyakit jantung ataupun stroke seumur hidup.

Perihal ini karna lemak trans bisa menutup arteri dengan menaikkan kandungan kolesterol jahat (LDL) serta merendahkan kolesterol baik (HDL). Jadi, dengan membatasi konsumsi lemak trans, kalian bisa melindungi aliran darah senantiasa mudah ke segala badan kalian. Lemak trans merupakan tipe lemak yang kerap ditemui dalam masakan yang dipanggang, masakan ringan, margarin, serta masakan cepat saji yang digoreng.

  • Jangan Duduk Dengan Waktu Yang Terlalu Lama

Dalam beberapa tahun terakhir, riset mengatakan kalau duduk terlalu lama dalam satu waktu tidak baik untuk kesehatan, tidak peduli seberapa rajinnya kalian olahraga. Perihal ini pasti jadi kabar yang kurang baik untuk para pekerja kantoran yang wajib duduk sepanjang hari.

Bersumber pada hasil gabungan dari sebagian riset observasional yang mengaitkan nyaris 800.000 orang, para periset menciptakan kalau mereka yang sangat banyak duduk hadapi kenaikan resiko penyakit kardiovaskular sebanyak 147 persen dan juga kenaikan kematian yang diakibatkan oleh penyakit ini sebanyak 90 persen. Tidak hanya itu, duduk terlalu lama bisa tingkatkan resiko trombosis vena dalam (bekuan darah).

Jadi, para periset menganjurkan untuk berupaya sesering mungkin bergerak. Seperti, memarkir kendaraan lebih jauh dari kantor, menggunakan tangga daripada elevator, dan juga jangan lupa olahraga secara teratur.

  • Sebisa Mungkin Jangan Merokok Dan Jauhi Asap Rokok

Apabila kalian sudah mulai merokok semenjak umur usia muda, mungkin sekarang saatnya kalian memikirkan buat menyudahi merokok. Apalagi, terkena asap rokok saja bisa membahayakan kesehatan.

Riset memperlihatkan kalau perokok pasif ataupun orang-orang yang terkena asap rokok di rumah ataupun di tempat kerja, memiliki resiko 25–30 persen lebih besar untuk terserang penyakit jantung. Menurut American Heart Association, terkena asap tembakau berkontribusi sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru pada setiap tahun.

Tidak hanya itu, orang yang bukan perokok tetapi memiliki tekanan darah besar ataupun kolesterol besar, memiliki resiko lebih besar terserang penyakit jantung apabila mereka terkena asap rokok orang lain. Karena bahan kimia yang tercantum dalam asap rokok bisa berkontribusi dalam pengembangan penimbunan plak pada arteri.

  • Tidur Yang Cukup Dan Teratur
Tidur merupakan bagian berarti dari melindungi kesehatan jantung. Apabila kalian tidak pas tidur, kalian bisa jadi berisiko lebih besar terserang penyakit kardiovaskular, berapapun umur kalian. Suatu riset yang mempelajari 3.000 orang berusia yang berumur di atas 45 tahun menciptakan kalau mereka yang tidur kurang dari 6 jam tiap hari berisiko 2 kali lipat hadapi stroke, dibanding orang yang tidur 6 sampai 8 jam setiap malam. Para periset yakin, tidur sangat sedikit bisa menimbulkan kendala pada keadaan kesehatan yang mendasari serta proses biologis, termasuk tekanan darah serta peradangan.

Image Source: health.kompas.com

Tidak ada komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tidak Menimbulkan Stroke"