Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian Anchor Text Dan Cara Membuatnya

 

Syukraka.com - Di antara berbagai macam teknik SEO, anchor text merupakan cara yang bisa jadi sering terlewatkan. Padahal anchor text yaitu satu bagian yang cukup penting dalam optimasi website. Oleh sebab itulah, telah saatnya kamu mulai memperhatikan anchor text di website kamu.

Pengertian Anchor Text

Anchor text merupakan teks yang berisi tautan yang bisa di klik. Bentuknya cukup berbeda dari teks biasa. Pada umumnya dalam mesin pencarian, anchor text berwarna biru atau kayak teks yang digarisbawahi. Teks ini berguna sebagai informasi bagi user dan mesin pencari tentang tautan website yang di perlihatkan.

Pada konsepnya, Google mengandalkan anchor text sebagai informasi tentang website. Bagi Google anchor text merupakan penjelasan isi dari sebuah konten.

Semakin banyak orang -orang yang mengarah ke sebuah laman, maka semakin cocoklah konten itu dengan yang di cari pengguna internet. Dengan kata lain, anchor text ikut memengaruhi peringkat di mesin pencarian.

Meski logikanya sama, cara Google menilai seberapa relevan isi konten ikut berubah. Ini berarti ada perubahan sistem untuk penentuan peringkat website pada mesin pencarian.

Sebelum tahun 2000-an, Google mengistimewakan keberadaan anchor text. Google menganggap bahwa anchor text mampu menjelaskan laman artikel lebih tepat di bandingkan dengan laman artikel itu sendiri. Anchor text juga diandalkan untuk menunjukkan laman yang belum mampu di indeks oleh mesin pencarian teks.

Sayangnya, pengertian semacam ini rawan di manipulasi. Seseorang ahli internet marketer dapat saja meletakkan anchor text serta kata kunci sebanyak- banyak yang ia ingin buat menempati posisi paling atas pencarian.

Namun pada tahun 2012, Google menetapkan algoritma baru yang diberi nama Google Pinguin. Algoritma ini khusus dibuat untuk mengeksekusi website curang dari mesin pencarian dan mengurangi spam. Dengan begitu, algoritma ini juga berusaha memaksimalkan artikel yang cocok supaya dapat muncul pada mesin pencarian.

Oleh karena itu, kita penting untuk memahami bagaimana anchor text tersebut bekerja. Karena salah satu teknik SEO ini ikut menentukan seberapa cocoknya sebuah konten pada mesin pencarian.

Jenis-Jenis Anchor Text

Ada beberapa jenis anchor text, yaitu:

  • Generic
Bentuk anchor text bisa seperti arahan atau petunjuk.

  • Branded
Anchor text seperti nama merk atau brand. Anchor text ini terbilang cukup aman di pakai, asal kamu tidak memakainya untuk mengarahkan pada merk website kamu sendiri.

  • Partial Match
Anchor text ini memodifikais keyword utama dari tautan yang di lihat.

  • Exact Match
Anchor text memakai kata kunci yang sama dengan artikel yang di lihat.

  • Image
Teks yang di pakai sebagai anchor diambil dari alt text sebuah gambar. Tetapi apabila alt text tersebut tidak diisi, sehingga anchor text kosong.

  • Naked Link
Anchor link yang memperlihatkan tautan secara langsung.

Cara Buat Anchor Text

Cara membuat anchor text terbilang murah. Menentukan kata kunci dan kasih tautan dalam beberapa klik. Tetapi, ada baiknya untuk mengingat konsep-konsep di bawah ini. Apalagi kalau bukan untuk menghindari pelanggaran dari mbah Google.

  • Tautkan Ke Konten Yang Sesuai

Kecocokan antara anchor text dengan konten artikel akan membantu meningkatkan ranking pada mesin pencarian mbah Google. Melakukan hal yang sebaliknya hanya akan membikin pengunjung cepat-cepat menutup artikel. Ini yang kemudian membikin bounce rate website semakin meninggi. Siapapun yang menginginkan ranking indeksasi tinggi tidak akan ingin mempunyai bounce rate tinggi.

  • Gunakan Anchor Text Se Efektif Mungkin

Memberikan informasi pada pengguna internet dan mesin pencari. Itulah fungsi utama dari anchor text. Berbekal peranan itulah, anchor text wajib di gunakan dengan bijak serta efektif.

Carilah kata kunci yang betul-betul mendeskripsikan konten yang dirujuk. Jika dua kata kunci telah cukup, pakailah dua kata saja. Tetapi jika emang lebih panjang dari itu tu, silahkan diterapkan.

Konsepnya, pakailah anchor text sesingkat mungkin dan menarik pengunjung agar mau mengkliknya.

  • Gunakan Sinonim Keyword Pada Anchor Text

Untuk menghindari kata kunci perulangan, kamu juga dapat menggunakan sinonim dari kata kunci. Cara ini akan menghindarkan dari over-optimization yang akhirnya berakhir dengan pelanggaran dari Google.

Tidak perlu risau dengan performa sinonim dari kata kunci. Google sudah memiliki sistem latent semantic indexing (LSI) dalam algoritmanya. Melalui sistem tersebut, Google otomatis mendeteksi sinonim dari kata kunci yang kamu pakai. Karena sistem ini pula, kamu dapat menciptakan konten dengan user experience yang efektif.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Anchor Text Dan Cara Membuatnya"