Please Wait...

RajaBackLink.com

Apa Itu NFC? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 
NFC

Syukraka.com - Penggemar gadget tentu telah tidak asing dengan NFC. Fitur ini memanglah mulai banyak tersemat di sebagian ponsel, khususnya ponsel di kelas menengah serta flagship.

NFC menunjang aplikasi pembayaran elektronik secara nirkontak (contactless) kayak Samsung Pay ataupun Apple Pay. Tetapi apa sesungguhnya teknologi NFC serta gimana metode kerjanya? Ikuti disini..

NFC ialah singkatan dari Near Field Communication ataupun dapat jua dimaksud selaku komunikasi medan dekat. Fitur NFC memerlukan 2 fitur pada setiap kompatibel, satu berperan selaku transmitter dan satu lagi sebagai penangkap sinyal.

Terdapat 2 tipe fitur yang kompatibel dengan NFC, ialah fitur pasif serta aktif. Fitur pasif misalnya kartu uang elektronik ataupun fitur transmitter kecil yang lain yang cuma dapat mengirim data ke fitur NFC lain tanpa memerlukan energi.

Fitur tipe ini tidak butuh mencerna data yang diterima dari fitur lain. Mereka pula bersifat dependen alias memerlukan fitur aktif buat dapat tersambung.

Sedangkan fitur NFC aktif dapat mengirim ataupun menerima informasi. Contoh paling umum merupakan smartphone yang sudah dilengkapi fitur NFC. Terdapat pula pembaca kartu yang ada di transportasi umum ataupun mesin pembayaran digital.

Tidak hanya melaksanakan pembayaran melalui terminal Samsung Pay ataupun Apple Pay tadi, smartphone yang dilengkapi NFC juga dapat digunakan buat membaca saldo tersisa sekalian mengisi ulang kartu uang elektronik, lumayan dengan melekatkan kartu ke punggung ponsel. Manfaat lain dari NFC termasuk mengaitkan fitur lain ke smartphone dengan gampang, misalnya kamera digital. Dengan NFC, ponsel pula mampu dipakai selaku 'tiket' buat fasilitas transportasi universal ataupun masuk ke venue kegiatan. 

Cara Kerja dari NFC

Di tengok dari metode kerjanya, NFC hampir sama persis dengan bluetooth ataupun WiFi yang merujuk kepada gelombang radio buat mengirimkan data. Dalam NFC, teknologi yang di pakai yaitu Radio-frequency identification (RFID) tipe berjenis lama yang memakai induksi elektromagnetik buat mengirimi data. NFC dapat digunakan untuk menginduksi arus elektrik di komponen pasif untuk cuma mengirim informasi.

Komponen pasif tersebut tidak wajib mempunyai energi, mereka dapat mengandalkan medan elektromagnetik yang dibuat komponen aktif NFC pada saat 2 komponen sama-sama didekatkan. Perihal ini jadi pembeda antara NFC dan bluetooth. Teknologi NFC tidak dapat mengisi energi antar fitur. Walaupun demikian, teknologi power sharing ataupun bermacam energi dengan melekatkan 2 fitur, memakai basis prinsip teknologi yang seragam dengan NFC. Frekuensi yang bekerja dikala mentransmisikan informasi lewat NFC sebesar 13,56 megahertz. Itu maksudnya, informasi dapat ditransfer dengan kecepatan mulai dari 106,212 sampai 424 kilobit per detik. Terkategori lumayan kilat dalam urusan transfer informasi antar fitur.

Image Source: blog.nuoplanet.com

Tidak ada komentar untuk "Apa Itu NFC? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?"