Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian Tube Settler Beserta Fungsinya

 
Tube Settler

Tube Settler adalah media yang berbentuk susunan tube (selongsong) dengan kemiringan 60⁰ yang berguna untuk mempercepat proses pengendapan dan proses sedimentasi pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Umumnya terbuat dari PVC atau Polypropylene. Untuk bahan PVC sendiri ialah bahan material yang tahan kimia dan mudah tenggelam dalam air. Sangat cocok di seluruh jenis sendimentasi dan seluruh peralatan sedimentasi. Memiliki pengaplikasian yang luas, efisiensi handling yang tinggi serta area kecil. Sangat berguna untuk menghilangkan pasir pada inlet dan juga pengendapan air industri.

Manfaat Tube Settler

  1. Pada bak sendimentasi Tube Settler bisa mempercepat pengendapan 2 sampai dengan 4 kali dalam mengendapkan lumpur dibandingkan dengan bak sendimentasi yang tidak menggunakan.
  2. Bisa menghemat penggunaan bahan kimia seperti Koagulan 40 s.d 50 %.
  3. Pemakaian backwashing filter berkurang dan bisa menghemat biaya air dan listrik.
  4. Mudah di pakai baik pada bak sendimetasi yang lama atau baru.
  5. Aliran Air Limbah yang sudah ada bisa di tingkatkan.
  6. Sistem IPAL yang baru yang memakai tube settler bisa dibuat atau didesain lebih kecil karena meningkatnya kemampuan aliran air limbah.
  7. Kokoh dan daya tahan tinggi.
  8. Mudah dalam pemasangan.
  9. Mudah dalam perawatan.
  10. Bisa berumur panjang.
  11. Sangat ideal di pakai pada air kotor dan lingkungan yang berdebu.

Pengaplikasian Tube Settler

  1. Limbah Industri seperti pabrik gula, pabrik kertas, pabrik obat-obatan dan lainnya.
  2. Tempat penyulingan.

Apa Itu Lamella Clarifier?

Lamella Clarifier ialah salah satu teknik pengolahan limbah cair. Lamella clarifier terdiri dari berbagai macam plate yang di panggil dengan Lamella Plate, umumnya terbuat dari bahan jenis logam. Lamella plate ini disusun secara vertikal dengan kemiringan ±30⁰. Aliran masuk terdapat pada sisi kiri dan kanan Lamella Plate. Aliran keluar terdiri dari 2 macam, yaitu aliran slurry dan aliran air murni. Aliran slurry ada di bawah (sedimentasi), sedangkan aliran air murni ada di bagian atas lamella plate. Aliran feed yang sebelumnya telah di tambahkan flokulan polimer masuk pada sisi lamella plate setelah itu terdistribusi secara menyeluruh dalam lamella plate, turun ke bawah berbarengan dengan padatan yang terlarut. Karena adanya gaya gravitasi, maka padatan akan turun ke bawah dan berkumpul. Letak lamella plate yang di buat miring akan menghambat padatan terbawa kembali bersama dengan air. Dengan laju air yang cukup besar, air akan berbelok kemudian naik sampai kebagian atas menuju aliran keluar sebagai air murni. Lamella plate ini bersifat mudah untuk di bongkar pasang, bahkan pada saat beroperasi sekalipun. Biasanya mencuci lamella plate seminggu sekali, untuk mencegah tumbuhnya lumut yang banyak terdapat pada bagian bawah lamella plate.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Tube Settler Beserta Fungsinya"