Please Wait...

RajaBackLink.com

Pengertian Bahasa Pemrograman Python Beserta Sejarah dan Kelebihan - Kekurangannya

 
Bahasa Pemrograman Python

Python ialah bahasa pemrograman yang paling murah di mengerti. Python di bkin oleh programmer Belanda yang bernama Guido Van Rossum.

Di zaman digital sekarang ini, semua pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan komputer dianggap menjanjikan di masa depan, salah satunya yaitu menjadi seorang programmer. Banyak hal yang dapat Kamu buat pada saat belajar dunia programmer, seperti software, aplikasi pada smartphone, program GUI, program CLI, Internet of Things, games dan lain-lain. Untuk bisa bikin itu semua, seorang programmer harus bisa menguasai bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat dipelajari, namun banyak yang menyarankan Python sebagai salah satu bahasa pemrograman. Mengapa demikian? Banyak yang beranggapan bahwa Python lebih mudah dimengerti bila dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Informasi selengkapnya akan di jelaskan pada artikel berikut ini.

Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa melaksanakan eksekusi sejumlah instruksi multi fungsi secara langsung (interpretatif) dengan metode orientasi objek (Object Oriented Programming) serta memakai semantik dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax. Sebagian lain mengatakan Python sebagai bahasa yang berkemampuan, menggabungkan kapabilitas, dan sintaksis kode yang sangat jelas, serta di lengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar dan juga komprehensif. Meskipun Python tergolong bahasa pemrograman dengan level tinggi, nyatanya Python dirancang sedemikian rupa supaya mudah dipelajari dan dipahami.

Python sendiri menampilkan fitur-fitur menarik sehingga layak untuk Kamu pelajari. Pertama, Python mempunyai tata bahasa dan script yang sangat murah untuk di pelajari. Python juga memiliki sistem pengelolaan data dan memori otomatis. Selain itu module pada Python selalu di perbarui. Ditambah lagi, Python juga mempunyai banyak fasilitas pendukung. Python banyak di pakaikan pada berbagai macam sistem operasi (operating system) seperti Linux, Windows, Mac OS, Android, Symbian OS, Amiga, Palm dan lainnya.

Sejarah Bahasa Python

Python di buat dan dikembangkan oleh Guido Van Rossum, yaitu seorang programmer asal Belanda. Proses pembuatannya berlangsung pada kota Amsterdam, Belanda tahun 1990. Pada tahun 1995 Python dikembangkan lagi supaya lebih kompatibel oleh Guido Van Rossum. Seterusnya pada awal tahun 2000, terdapat update versi Python sampai mencapai Versi 3 saat sekarang ini. Nama Python sendiri diambil dari sebuah acara televisi yang cukup terkenal bernama Mothy Python Flying Circus yang merupakan acara sirkus favorit Guido van Rossum.

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Python

Tak sedikit orang yang berminat untuk memakai Python karena di anggap murah untuk dipelajari, tak terkecuali untuk para pemula. Kode-kode yang ada di dalamnya murah dibaca dan bisa menjalankan banyak fungsi kompleks dengan murah karena banyaknya standard library. Pengembangan program pada Python pun dapat di laksanakan dengan cepat dan memakai lebih sedikit kode. Bahkan Python mampu menjadikan program dengan skala paling rumit/susah jadi murah. Python sendiri mendukung multi platform dan multi system serta memiliki sistem pengelolaan memori otomatis juga seperti Java.

Sayangnya Python cukup lambat dijalankan. Untuk pengembangan platform Android dan IOS juga bisa di katakan kurang support. Python juga mempunyai keterbatasan dengan akses database. Tidak hanya itu, python tidak cocok untuk melaksanakan tugas-tugas intensif memori dan pekerjaan multi-core/multi-processor.

Demikian sekilas informasi tentang bahasa pemrograman Python yang dapat Kamu simak. Bagi pengembang atau programmer pemula sangat di rekomendasikan untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut karena dinilai mudah. Python juga bisa diterapkan dalam pembuatan software, aplikasi pada smartphone, program GUI, program CLI, Internet of Things, games dan lain-lain.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Bahasa Pemrograman Python Beserta Sejarah dan Kelebihan - Kekurangannya"